Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN KOTALAMA 5 SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE ARCS KELLER
Prodi | : DIII KEPERAWATAN |
Pengarang | : Phandhu Wicaksono |
Dosen Pembimbing | : Budi Susatia. S,Kp,M.Kes |
Klasifikasi/Subjek | : , KEPERAWATAN, MOTIVASI BELAJAR |
Penerbitan | : , Malang: 2020. |
Bahasa | : Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
ABSTRAK Gambaran Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Kotalama 5 Sebelum dan Sesudah dilakukan Pembelajaran dengan Metode ARCS Keller (Phandhu Wicaksono 2020). Karya Tulis Ilmiah Studi Kasus DIII Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing Dr.Atty Yudiernawati S.Kp, M.Pd. Kata Kunci : ARCS, Keller, Motivasi Latar Belakang : Data UNESCO tahun 2013 menyebutkan Indonesia menduduki peringkat 121 dari 185 negara ditinjau dari mutu pendidikannya. Sebagaimana hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di SDN Kotalama 5, ditemukan 75% siswa kelas 5 SD mengalami lambat belajar. Metode : Metode pembelajaran ARCS merupakan bentuk pendekatan yang merancang aspek motivasi dengan mengutamakan perhatian siswa, menyesuaikan materi pembelajaran dengan pengalaman belajar, menciptakan rasa percaya diri dan menimbulkan rasa puas dalam diri siswa tersebut. Hasil : Tingkatan minat dan motivasi belajar siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini sebelum dilakukan pembelajaran dengan pendekatan ARCS Keller cenderung kurang, dibuktikan dengan penilaian Instructional Materials Motivation Survey (IMMS) dan Course Interest Survey (CIS) yang rendah. Namun, setelah dilakukan pembelajaran menggunakan modul pembelajaran dengan pendekatan ARCS Keller, seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan dari berbagai aspek. Kesimpulan : Perkembangan anak usia sekolah merupakan integrasi dari beberapa proses, yakni biologis, kognitif, dan sosio-emosional. Dimana ketiga proses ini saling berhubungan dan mempengaruhi. Berkaca pada keterbatasan dari penelitian ini, dirasa penting halnya untuk dilakukan penelitian lebih mendalam mengenai keterkaitan nilai CIS terhadap IMMS untuk mengetahui perkembangan tingkat minat dan motivasi siswa yang memalui pembelajaran dengan metode ARCS Keller secara kontinu.
Lampiran
[ Sampul Depan ]
File Lembar Keaslian : [ Unduh ]
File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]
File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]
File Abstraksi : [ Unduh ]
File Kata Pengantar : [ Unduh ]
File Daftar Isi : [ Unduh ]
File BAB-1 : [ Unduh ]
File BAB-2 : [ Unduh ]
File BAB-3 : [ Unduh ]
File BAB-5 : [ Unduh ]
File Daftar Pustaka : [ Unduh ]